Perlunya Perwujudan 8 Fungsi Keluarga

Cenang (cbmnews.id) - Untuk mewujudkan Ketahanan Keluarga kita wajib memahami dan mempelajari 8 fungsi keluarga. Demikian disampaikan Fasilitator Kampung KB Desa Cenang Sahirman dalam kegiatan Pertemuan Kelompok Kerja Kampung KB Cakrawala Desa Cenang di Aula Rumah Data RT01 RW 04 Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes, Kamis (20/6).

Keluarga, kata Sahirman, mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan ketahanan keluarga. Hal tersebut menjadi pokok bahasan bahwa keluarga merupakan lingkungan terkecil dalam masyarakat.

"Jika 8 fungsi keluarga bisa dilaksanakan maka harapan dalam ketahanan keluarga akan terwujud. Fungsi keluarga tersebut adalah agama,sosial budaya,cinta kasih,melindungi,reproduksi,sosial dan pendidikan,ekonomi,dan pembinaan lingkungan", paparnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan pokja Kampung KB Cakrawala,Bidan Desa, dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana(PLKB) Kecamatan Songgom dibuka oleh Sekretaris Desa Cenang Sugeng Mulyono.


Salah satu peserta Sobiroh(43), antusias menanyakan tentang kelebihan antara IUD dengan Suntik. Dan pertanyaan itu langsung dijawab Bidan Desa Ernawati  bahwa IUD lebih aman karena tidak mengandung Hormonal, mempunyai kapasitas jangka panjang serta tidak menurunkan daya seksualiatas.

Di akhir acara Endang dari PLKB Kecamatan Songgom, memberikan materi yang berkaitan dengan monitoring dan evaluasi. Dia mengutarakan bahwa keikusertaan program KB yang melalui Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Desa Cenang sudah cukup lumayan.(SAHER/LH)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama