Nur Nadlifah : Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan

 


TEGAL (cbm-news.com ) - 1000 Hari pertama Kehidupan ( HPK ) sangat penting untuk perkembangan anak sejak dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun.  Demikian disampaikan anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Hj. Nur Nadlifah, S.Ag,M.M pada acara Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran bangga Kencana bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah di Gedung Muslimat NU Slawi Tegal, Sabtu (13/10/2021 ).


Hadir pada kegiatan tersebut  BKKBN Provinsi Jawa Tengah Agoes Poedjianto selaku Ketua Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga. 


1000 Hari Pertama Kehidupan, kata Nur Nadlifah terhitung dari usia sembilan bulan dalam kandungan ( 9 x 30 ) yakni 270 hari, tahun pertama kelahiran 365 hari dan tahun kedua 365 hari, sehingga total 1000 hari.


" Penerapan pola makan dan gizi yang sehat pada 1000 hari pertama kehidupan sangat berpengaruh dalam upaya pencegahan stunting.Kalau ingin memiliki anak yang cerdas dan unggul, maka penting untuk konsisten menjaga asupan gizi makanan yang sehat," katanya.


Stunting,kata Nur Nadlifah, merupakan kondisi anak gagal tumbuh, baik fisik maupun otak. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa stunting merupakan bagian dari perawakan pendek. Namun perlu menjadi catatan bahwa tidak semua perawakan pendek adalah stunting.


" Beberapa ciri anak stunting diantaranya tanda pubertas terlambat, pertumbuhan gigi terlambat, anak tidak banyak melakukan kontak mata dengan orang sekitarnya, wajah anak lebih muda dari usianya dan pertumbuhan tinggi terlambat," imbuhnya.


Dengan memperhatikan nutrisi anak terutama sampai usia 2 tahun, maka stunting dapat dicegah dan mampu membentuk generasi anak yang cerdas dan unggul.

Post a Comment

أحدث أقدم