BUMDes Jaka Poleng Brebes Gelar Rakerda


Brebes, - Pengurus Forum BUMDes Indonesia (FBI) Jaka Poleng Kabupaten Brebes menggelar kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) periode 2018-2023 di RM. Intan Jatibarang, pasalnya rapat kerja ini dilakukan untuk memetakan program kerja BUMDes Kabupaten Brebes selama 1 periode untuk mendapatkan program kerja yang progresif demi kemajuan BUMDes di tiap desa.

Kegiatan ini di hadiri oleh perwakilan Dinpermades, pengurus FBI Jaka Poleng dan perwakilan tiap kecamatan masing-masing 2 orang dari Forum BUMDes kecamatan Se kabupaten Brebes.


Kalimi, Ketua Forum BUMDes Indonesia Kabupaten Brebes mengatakan, rakerda ini dilaksanakan sebagai bentuk mengkoordinir semua BUMDes di tiap Desa sehingga ke depan BUMDes yang saat ini menjadi Badan usahanya desa bisa memberikan kontribusi di bidang ekonomi dengan memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes) bisa secara maksimal.

" Setelah di terbitkannya PP nomor 11 tahun 2021, BUMDes saat ini harus menjadi bagian dari solusi dari sistem perekonomian di Desa " katanya.


Menurut dia , rakerda ini diharapkan agar tiap perwakilan BUMDes yang aktif bisa membantu BUMDes di tiap Desa.

" Perwakilan yang di undang dari masing-masing pengurus BUMDes di wilayah Kecamatan dan diharapkan bisa menjadi tangan panjang FBI Jaka Poleng Brebes dalam memberikan informasi seputar BUMDes dan lain sebagainya," tambahnya.


Saat ini, lanjut Kalimi, banyak yang menghubungi Forum BUMDes Kabupaten Brebes untuk mengajak bermitra dalam rangka melakukan kerjasama di semua bidang, sehingga BUMDes di setiap desa bisa mengambil peluang ini untuk jadikan unit usaha BUMDes.

" Ini kesempatan dan  peluang baik, beberapa kali dan mungkin ada juga yang sudah kerjasama dengan BUMD dan swasta seperti Bank BRI, Bank Jateng di laku pandai, Kantor Pos dan lain sebagainya," jelasnya.


Masih menurut dia, rakerda ini di sepakati bersama untuk membuat program kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

" Salah satu yang ada di program kerja BUMDes Kabupaten Brebes salah satunya Sekolah BUMDes dan akan dibagi ke 3 wilayah agar memungkinkan tiap wilayah bisa memanfaatkan sekolah ini untuk sama sama belajar untuk mengembangkan BUMDes nya masing-masing," pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama