Puluhan JW Brebes dilatih Hukum Pers dan Pencegahan Berita Hoax

Brebes, ( www.cbm-news.com ) | Puluhan jurnalis warga Bebes dilatih hukum pers pencegahan berita hoax dan keamanan digital di sosial media di Meeting Room Wakita Literasi, senin ( 25/04/2022 ).

Kegiatan ini diselenggarakan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara ( PPMN ) yang merupakan program dukungan dari Program RESPECT yang diinisiasi oleh PERDULUM dan PPMN kepada Jurnalis Warga Kabupaten Brebes.

Bahrul Ulum, SE, M.Si Koordinator Jurnalis Warga Kabupaten Brebes mengatakan program ini merupakan serangkaian program RESPECT yang fokus pada keterlibatan Jurnalis Warga dan komunitas rentan dalam kegiatan pilkada serentak.

“ Pemilu masih 2 tahun lagi, tapi dinamika menjelang pelaksanaan even penting ini sangat dinamis, hal ini perlu diikuti edukasi dan literasi terhadap masyarakat luas. Sehingga perlu penguatan jurnalis warga agar semakin cepat tahu dan mempu memberikan edukasi kepada masyarakat luas “ katanya.

Anton Maulana Ibrahim, S.Kom, M.Kom narasumber menjelaskan jurnalis warga itu sebagai kontrol media penting mengetahui dan membedakan antara berita hoax dan menyaring atau memfilter informasi sebelum dipublikasi.

“ Jurnalis warga perlu mengetahui ciri berita hoax dan melakukan klarifikasi dengan sumber berita yang berimbang. Penting JW untuk memahami keamanan digitalisasi, bagaimana cara mencegah berita hoax dan mengevek berita hoax “ katanya.


Kontributor : Aziz Amin JW PPMN

Post a Comment

أحدث أقدم