Sekolah Pemilu itu Bukti Peran Warga Awasi Pemilu

 

Sekolah Pemilu PPMN di Kantor Bawaslu (Dok Riyadi)

Brebes (cbm-news.com) - Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes Wakro, S.IP menyambut baik kegiatan sekolah pemilu yang di gagas oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN),  dan akan menjadi protipe. Kegiatan ini sangat baik, dan semoga akan di replikasi di 35 kabupaten / kota, dulu Bawaslu pernah buat kegiatan berupa sekolah Demokrasi. 

" Bagusnya kegiatan ini adanya bentuk pemberdayaan, supaya pola – pola pendekatan yang berbeda dan ini saya dukung serta diusulkan dan akan saya kawal sampai Bawaslu provinsi bisa direplikasi di Jawa Tengah," ungkapnya saat mengisi acara di Sekolah pemilu untuk Jurnalis Warga PPMN Brebes. Rabu (27/04/2022). 

Lanjut Wakro, urgensi  pengawasan Pemilu karena rentan terjadinya pelanggaran , apabila pemilu yang sarat pelanggaran maka bisa menganggu pelaksanaan pemilu, sehingga dengan adanya pengawasan pemilu adalah untuk menjamin kualitas dan integritas pemilu, 

" Bawaslu dalam pengawasan pemilu Bersama dengan masyarakat," tambahnya. 

Wakro, forum ini adalah salah satu bentuk pencegahan pemilu yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu karena Brebes indek kerawanan Pemilu tertinggi di Jawa Tengah menurut Bawaslu Provinsi tutur wakro. Diharapkan peserta di sekolah pemilu ini diharapkan mampu membedakan jenis pelanggaran pemilu termasuk pelanggaran per undang – undangan lainya.

Selanjutnya laporan itu biasanya dari masyarakat sedangkan temuan  oleh pengawas pemilu, dalam laporan harus memenuhi unsur formil dan materiil supaya bisa dinaikan ke status pelanggarannya.

Kegiatan ini dihadiri 10 peserta dari Jurnalis Warga dari wilayah Brebes. Diharapkan dari kegiatan ini adalah bagaiman keterlibatan kelompok masyarakat ikut berpartisipasi mensukseskan pemilu 2024. Pada akhirnya Komunitas Jurnalis warga menjadi pioneer dalam mensosialisasikan Pesta Demokrasi dengan ikut menyebarkan konten – konten terkait Pemilu.

Riyadi Santoso ( JW PPMN untuk Pemilu) 

Post a Comment

أحدث أقدم