SMA NEGERI MEMBORONG JUARA KRONOVA 2022


SMA NEGERI 1 BREBES MBORONG JUARA KRONOVA 2022

SMA Negeri 1 Brebes, kembali memborong hadiah pada lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) Tahun 2022, yang diadakan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BAPERLITBANGDA)  Kabupaten Brebes.

Lomba KRENOVA pada tahun 2022 diikuti 18 team ditingkat pelajar dan 20 peserta dari kataogori umum. Dari setiap katagori dimabil 5 (lima) yang terbaik. Pada katagori pelajar 4 (empat)  juara di raih oleh  SMA Negeri 1 Brebes.  yaitu juara 1, 3- 5. Sedangkan juara 2 dari SMA Negeri Sirampog Brebes.

Penyerahan hadiah dilaksanakan di pendopo Kabupaten Brebes. Kamis (31/3), oleh Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE MH.  Kepada juara 1 (satu), atas nama Rahmatika Umara Widodo dan Faisha Dewi Humaira dengan judul “Optimalisasi Sifat Antiseptik Pada Lumut Hati Sebagai Salep Untuk Mengobati Luka Luar”.

Sedangkan juara 3, diraih Alya Arinal Haq, Najwa Queen Arsyita dan Aifa Cahya Rahmatika. Dengan judul “Pemanfaatan Biji Buah Nangka (Artocaprus heterophyllus) Dalam Sajian Jackfruit Seed Flour (jacseef) Sebagai Sumber Karbohidrat Alternatif Dan Protein Tinggi.

Juara 4 dengan judul: “Daur Ulang Limbah Kulit Pisang Menjadi Alternatif Sumber Arus Listrik Searah Dalam Produk Smansa Battery”. Siraih  Irfan Nur Dwi Razzaq, Firyal Suneva dan Rona Nisrina Ningrum.  Sedangkan juara 5  diraih Faiz Aly, Nabila Syifa Zahira dan Ellenia Diah Ningrum. Dengan judul “Pemanfaatan Sisa Pembakaran Telur Asin Menjadi Eco Friendly Fertilizer”.

Penyerahan hadiah ini, sebagai rentetan dari kegiatan Krenova 2022, yang sebelumnya telah dilaksanaan kegiatan pemaparan lomba, pada hari Selasa (15/03) hingga Rabu (16/03), yang diikuti  oleh seluruh masyarakat Kabupaten Brebes yang terdiri atas 2 kategori yaitu kategori pelajar (SLTP/SLTA) dan kategori umum.

Menurut Samsul Ma'arif, S.Pd. M.Pd. Selaku kepala SMA Negeri 1 Brebes, keberhasilan siswa kami pada lomba  krenova 2022 ini, dikarena semangat dan pantang menyerah yang sangat luar biasa, untuk mempertahankan SMA Negeri 1 sebagai sekolah juara. 

Saya ucapkan selamat dan terimakasih atas prestasi yang diraihnya, dan semangat untuk terus melakukan kajian penelitian demi mewujudkan program SMA Negeri 1 sebagai sekolah riset, pungkas kepala sekolah yang berasal dari Dumeling Wanasari.

Lebih lanjut, menurut Rizal selaku pembina Karya Ilmiah Remaja  (KIR) SMA Negeri 1 Brebes dan penjaga gawang sekolah riset mengatakan, program Sekolah Riset yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Brebes dilatarbelakangi oleh keunggulan sekolah dn dan riset. Sehingga program ini mendukung siswa-siswi untuk berkembang khususnya dalam ajang-ajang lomba seperti karya tulis ilmiah, essay, dan lain sebagainya.

Program sekolah riset inipun, didukung dengan kerja sama bersama perguruan tinggi. Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) dan Universitas Pancasakti Tegal (UPS) dimana dengan adanya kerjasama ini diharapakan dapat meningkatkan pengetahuan siswa maupun guru terkait dengan riset atau menulis karya ilmiah.

Lebih jauh, dengan pelatihan, seminar maupun workshop. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Brebes akan lebih mempunyai nilai-nilai kreativitas dan ide-ide luar cerdas yang luar biasa. Kalau pontensi siswa didiamkan, maka manfaat karyanya tidak akan terasa untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. Dengan diarahkan untuk mengikuti lomba, mereka sangat antusias sekali. Hal itu yang membuat saya dan guru-guru yang lain menjadi semangat untuk membimbing mereka.” Ujar salah satu guru pembimbing Lomba KRENOVA, Fahrizal Zulian Pratama, S. Pd. Kamis (24/3/2022).

Post a Comment

أحدث أقدم