Fortasi SMK Muhala Gaungkan Deklrasi Ramah Plastik

Larangan (cbm-news.com) - Sebanyak 272 siswa-siswi SMK Muhammadiyah Larangan mengikuti Fortasi (Forum Taaruf dan Orientasi Siswa)
Kegiatan yang di selenggarakan oleh Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) Ranting SMK Muhammadiyah Larangan 

Fortasi merupakan kegiatan rutin setiap awal tahun ajaran baru untuk memperkenalkan peserta didik baru ke dalam lingkungan sekolah dan Fortasi tahun ini mengambil tema “ Be The Best Version Of Yourself ” atau jadilah versi terbaik dari dirimu.

Eko Prasetyo, S.Kom,M.Pd selalu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Larangan mengatakan, Selamat datang peserta didik baru semoga bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya di sekolah ini, dan niatkan diri untuk bersungguh-sungguh datang ke sekolah untuk belajar. 
" Semoga hari hari kalian di sini menyenangkan dan bisa menyerap semua ilmu pengetahuan yang ada untuk masa depan," katanya, senin (17/7).

Dirinya berharap dengan kegiatan fortasi ini selama 3 hari ke depan bisa menambah wawasan dan mengenal lingkungan di SMK Muhammadiyah Larangan. 
" Tanamankan akhlak dan budi pekerti yang baik ketika bergaul dengan teman kelas dan lainnya," tambahnya. 

Termasuk, lanjut dia, pihaknya mengharapkan semua bentuk bullying yang ada di sekolah ini untuk di gaungkan dalam rangka menjadikan sekolah ramah anak. 
" Harus saling mengingatkan agar tidak ada saling ejek atau bentuk kekerasan fisik dan no fisik ketika fortasi di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat," harapanya. 

Sesuai dengan tema Fortasi, peserta diajak untuk terus menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sebelumnya. Sesuai dengan jargon dari persyarikatan yaitu menjadi pelajar berkemajuan.

Salah satu inovasi dalam penyelenggaraan Fortasi tahun ini adalah kepedulian terhadap bahaya limbah plastik bagi lingkungan.
" Alhamdulillah, semoga semua siswa bisa mengikuti kegiatan secara maksimal termasuk mengimplementasikan Deklarasi ramah plastik di tahun ini." tutur Cahyo Gumilang Ketua PR IPM SMK Muhammadiyah Larangan. 

Menurut Cahyo, lanjut dia pada kesempatan tersebut " Deklarasi Ramah Plastik " di hadapan seluruh panitia dan peserta Fortasi mengedepankan tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai dalam kekgiatan Fortasi tahun 2023.
" Selalu membawa botol minum dan kotak makan isi ulang untuk keperluan makan dan minum selama kegiatan dan bebaskan kegiatan fortasi dari sampah plastik, styrofoam, aluminum foil dan sejenisnya." Jelasnya. 

Sementara itu, Ihda Mufti Nuha, M.Pd selaku pembina IPM SMK Muhamamdiyah Larangan mengungkapkan dengan adanya deklarasi tersebut diharapkan kegiatan fortasi tahun ini bebas dari sampah plastik.
“ Dari sekolah ini mari kita mulai kebiasaan untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai, mungkin pengaruhnya secara nasional tidak besar, tapi semua perubahan besar selalu berawal dari gerakan-gerakan kecil seperti ini," pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama