Hikmah Positif di Balik dari Pandemi covid-19


Oleh : Faiq Muamar, S.Pd.SD

Guru SD Negeri Cilibur 04 Kec. Paguyangan Kab. Brebes 

Sudah lebih dari 2 tahun peristiwa meluasnya penyebaran virus covid-19,di tanah air,semua warga  berupaya melakukan pencegahan dengan mengikuti prokes yang dianjurkan oleh pemerintah Yaitu 5M (Memakai masker,Mencuci tangan,menjaga jarak,menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 yang sangat mematikan. Berbagai upaya telah dilakukan agar masa pandemic berakhir karena dengan wabah tersebut menghancurkan seluruh sektor kehidupan, salah satunya adalah sektor pendidikan.

Di tengah pandemi yang terus melaju,dunia pendidikan harus terus mendapatkan perhatian khusus agar tidak berdampak semakin buruk.Pandemi covid-19 telah mengubah dunia pendidikan mulai dari proses pembelajaran, dimana biasanya dilakukan di dalam kelas dengan tatap muka,namun sejak pandemi berlangsung berubah menjadi belajar daring (dalam jejaring).

Guru,siswa dan orang tua dituntut untuk bisa menghadirkan proses pembelajaran yang efektif,aktif,eatif dan menyenangkan.

Beberapa hikmah dari pandemi covid-19 yang bisa kita rasakan dan dapat dijadikan pelajaran untuk kita semua,Musibah dalam bentuk apapun pasti akan dialami manusia (Qs Al Baqarah 155). 

Dampak positif ini dapat memotivasi kita melalui masa sulit untuk terus mencapai tujuan pendidikan Indonesia yang lebih maju lagi diantaranya;

Pertama, memicu percepatan transformasi pendidikan,pemerintah telah memberlakukan system pembelajaran jarak jauh (PJJ).Di sini guru,siswa dan orang tua dituntut untuk melek tehnologi sehingga  di harapkan mempercepat transformasi teknologi pendidikan.     

Kedua, banyak muncul aplikasi pembelajaran online,akibat pandemic tersebut telah banyak melahirkan program pembelajaran online seperti zoom meeting,google meet,dan lainnya.

Ketiga, kolaborasi orangtua dan guru,selama pandemi para pelajar tentunya akan menghabiskan banyak waktu belajar di rumah,dimana hal tersebut membutuhkan kolaborasi orang tua dan guru agar siswa dapat belajar online secara efektif. 

Keempat, penerapan ilmu dalam keluarga, ketika semua sekolah ditutup,ini menjadi kesempatanbagi siswa untuk mengaplikasikan ilmu di tengah keluarga,misalnya dengan diskusi ringan mengenai pembelajaran online di sekolah.


Kelima,internet sebagai sumber informasi yang positif,jika proses pembelajaran pada umumnya menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar utama,maka dalam pembelajaran online internet digunakan untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran yang diajarkan oleh guru,seperti mengakses buku digital,video pembelajaran,dan lainnya

Keenam,siswa dapat di awasi oleh orang tua secara langsung,peran orang tua dalam kehidupan anak berdampak luas dan dengan pengawasan orang tua akan lebih mudah memantau perkembangannya secara langsung.

Beberapa hal positif dari pandemic covid-19 yang bisa kita rasakan dan dapat dijadikan pelajaran untuk kita semua,meski demikian,kita semua tetap berharap pandemi segera berakhir dan pendidikan bisa kembali seperti sedia kala dimana pembelajaran tatap muka segera dilakukan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama