Jurnalis Warga Brebes dilatih Ilmu Jurnalistik dan Pemantauan Pemilu


Brebes (cbm-news.net) – Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara ( PPMN ) selenggarakan pelatihan jurnalistik dan pemantauan pemilu bagi jurnalis warga Kabupaten Brebes, bertempat di Kantor KPU Kabupaten Brebes, Rabu ( 30/03/2022 ).


Koordinator Jurnalis Warga Brebes, Bahrul Ulum mengatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan intervensi Respect PPMN untuk Pemilu. “ PPMN di bawah program Asia-Pacific Regional Support for Election and Political Transitions (RESPECT) telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) online yang mengundang empat komunitas citizen journalism (CJ) dari Kamboja, Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste. Mereka yang hadir dalam FGD memiliki kondisi dan tantangan yang sama dalam menghadapi isu politik menjelang pemilu” katanya.


Masih menurut Bahrul Ulum, jurnalis warga brebes menjadi salah satu komunitas citizen journalism (CJ) yang mendapatkan intervensi Respect PPMN ini selaian jurnalis warga ketapang Kalimantan barat. “ harapannya akan ada 10 jurnalis warga yang terlibat aktif dalam semua kegiatan dan memproduksi berita serta diterbitkan oleh jurnalis warga di platform media masing-masing “ lanjutnya.

Dalam kegiatan pelatihan jurnalistik dan pemantauan pemilu, PPMN menghadirkan narasember dari Ketua KPU Kabupaten Brebes : Muamar Riza Pahlevi, SIP, MH, Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes : Wakro, S.IP dan Ketua PWI Kabupaten Brebes, Eko Saputro untuk memberikan materi seputar teknik penulisan reportase berita, jurnalis warga dan pemilu.


Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi, SIP, MH dalam paparannya menyampaikan jurnalis warga diharapkan  bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024, “ Jurnalis warga bisa membuat reportase berita yang bersifat informative, atau bisa berupa opini atau analisa tentang pemilu “ tegasnya.

 

Kontributor : Aziz Amin JW PPMN


Post a Comment

أحدث أقدم