Ketua KPU Brebes : Pemilu 2024 digelar 14 Februari 2024

Brebes (cbm-news.net)- Sesuai dengan SK KPU Nomor 21 Tahun 2022 tentang hari dan tanggal pemungutan suara pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, serta Anggota DPRD akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024.

Ungkap Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi, SIP, MH pada acara Pelatihan Jurnalistik dan Pemantauan Pemilu bagi Jurnalis Warga di Aula KPUD Brebes, Rabu (30/03/2022). 

Menurutnya, Sesuai Pasal 167, ayat (1) Pemilu dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali. Ayat (2) Hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara Pemilu ditetapkan dengan keputusan KPU.

Saat menjelaskan terkait peserta pemilu, riza mengatakan bahwa peserta pemilu untuk pemilihan umum anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota adalah partai politik, Partai politik peserta Pemilu adalah partai politik yang dinyatakan lolos verifikasi yang dilakukan KPU Hingga saat ini sudah ada 75 partai politik yang terdaftar di Kemenkumham, sedangkan untuk Verifikasi partai politik terdiri dari verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. 

" Verifikasi faktual ini adalah verifikasi terhadap keanggotaan partai politik yang bersangkutan. KPU mendatangi anggota tersebut untuk diklarifikasi, apakah memang benar-benar menjadi anggota partai politik atau tidak. Untuk Kabupaten Brebes minimal 1.000 keanggotaan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP Elektronik," tambahnya. 

Sedangkan untuk tahapan pemilu, dia mengatakan, bahwa ada beberapa tahapan untuk pemilu, yakni Perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan Penyelenggaraan Pemilu;Pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar Pemilih; Pendaftaran dan verifikasi Peserta Pemilu; Penetapan Peserta Pemilu;

Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan; Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota; 

masa Kampanye Pemilu; Masa Tenang; Pemungutan dan penghitungan suara; Penetapan hasil Pemilu; dan Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Pihaknya berharap kepada komunitas jurnalis warga Brebes untuk berkontribusi dalam mensukseskan pemilu 2024, minimal memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemilu, atau memberikan pemberitaan terkait pemilu secara berkualitas. 

Kontributor : Bahrul Ulum (KJW PPMN Brebes) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama