PPMN Gelar Sekolah Pemilu Bagi JW

Kegiatan Sekolah Pemilu Bersama Bawaslu Brebes (dok Adi)

Brebes (cbmnews.com) - 10 Jurnalis Warga (JW) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dilatih Sekolah Pemilu oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) yang mengusung tema "Bersama Jurnalis Warga Sukseskan Pemilu 2024" dengan menghadirkan narasumber Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes, Wakro S.IP bertempat di Aula Bawaslu Kabupaten Brebes, Rabu (27/04/22).

Koordinator JW Kabupaten Brebes, Bahrul Ulum, S.E, M.Si yang juga perwakilan PPMN mengatakan tujuan dari kegiatan bersama JW ini untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam partisipasi terhadap pemilu dan pemilu yang berkualitas.

"Sekolah Pemilu ini adalah sekolah edukasi tentang pemilu yang bisa disesuaikan dengan tematik, seperti hari ini diawali materi tentang pemantauan pemilu yang disampaikan oleh Bawaslu, selanjutnya nanti dengan penyelenggara yang lain," ujar Ulum.

Sementara itu menurut Wakro Sekolah Pemilu bisa menjadi sebuah prototype sekolah berbasis kelompok atau profesi untuk mempelajari setiap tahapan dalam pemilu. Sekolah pemilu sangat menunjang pelaksanaan pemilu, mempersiapkan sejak awal agar semakin banyak masyarakat yang melek pemilu.

“Tiap Pemilu, dipastikan rentan terjadinya pelanggaran. Pelanggaran administrative, tindak pidana pemilu, pelanggaran terhadap peraturan perundangan lainnya, dan pelanggaran terhadap etika penyelenggaraan pemilu merupakan jenis-jenis pelanggaran pemilu,” ujar Wakro.

Masih menurut Wakro Indeks kerawanan pemilu akan dipetakan oleh Bawaslu tentunya dengan melihat indeks kerawanan Pemilu, dan peta kerawanan tertinggi itu di Jawa Tengah ada di Kabupaten Brebes.

Kontributor "AA" (JW PPMN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama