Muhammadiyah Disaster Management Center Gelar Jambore SAR Nasional

 


Wonosobo - Ketua MDMC Jawa Tengah, Naibul Umam, mengatakan, Jambore SAR Nasional Muhammadiyah tahun 2022 diikuti 50 tim yang terdiri dari 350 peserta dari perwakilan MDMC se Indonesia.


" Mereka akan dilatih dan diuji kembali kemampuannya dalam penanggulangan bencana selain tujuan mengkonsolidasikan potensi SAR Muhammadiyah se Indonesia, mengukur tingkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap individu sebagai personil SAR Muhammadiyah, serta mendukung kebutuhan potensi SAR secara nasional bersama MDMC PP Muhammadiyah, Wilayah dan BASARNAS.


Mereka adalah potensi SAR yang terlatih dari berbagai Diklat yang diadakan MDMC dari dasar,madya dan purna serta hasil latihan gabungan yang sering di adakan MDMC wilayah Jawa Tengah.," kata Umam, saat wawancara singkat di kantor sekretariat panitia.

    

Lebih lanjut Umam mengatakan, Jambore Nasional SAR Muhammadiyah 2022 itu untuk melihat kemampuan pencarian dan pertolongan yang dimiliki potensi SAR, misalnya dalam menolong orang di gedung roboh, banjir, dan mendaki gunung.


"Jambore ini merupakan kelanjutan dari jambore jambore yang diadakan wilayah lainnya seperti DIY,Jawa barat , Gorontalo dan lainnya.


Potensi SAR merupakan SDM, sarana dan prasarana, informasi, teknologi serta hewan selain anggota Badan SAR Nasional yang dapat dikerahkan untuk mendukung pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama