Giatkan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Sekolah di SMK Muhammadiyah Larangan

Larangan, - Dalam rangka meningkatkan minat baca siswa-siswi di SMK Muhammadiyah Larangan, kini melalui Waka Kesiswaan dan Waka Kurikulum melakukan terobosan yang signifikan, pasalnya, sebagai cara agar siswa membiasakan diri dalam meningkatkan dan menumbuhkan membaca buku, maka dilakukan dalam waktu 1 bulan sekali dilaksanakan program Literasi Sekolah. 
" Pada prinsipnya, kebiasaan yang baik harus di laksanakan terutama agar minat baca siswa bisa dilakukan secara rutin dari program literasi Sekolah," kata Puji Apridiastuti selalu Waka Kesiswaan, Jum'at (30/9). 

Menurutnya, program baru ini, tentu akan banyak kendala, namun atas kerjasama semua guru program literasi Sekolah ini bisa berjalan lancar. 
" Ini mungkin baru bagi siswa, tapi ini akan kita terus koordinasi agar kebiasaan membaca yang dilakukan siswa bisa menjadi kebiasaan baik," tambahnya. 

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan mengeharapkan agar siswa bisa mengingat dan memahami apa yang dia baca, siswa wajib merangkum atau menulis ulang setelah membaca buku dan di kumpulkan ke wali kelas masing-masing. 
" Pelaksanaan literasi ini diberikan waktu 1 jam, dan dilakukan setiap hari jum'at,  serta buku bacaan di bawa dari rumah atau bisa pinjam ke perpusatakaan sehingga kebiasaan membaca novel, fiksi, cerpen dan buku edukasi lainya siswa bisa mendapatkan informasi yang di dapat dari hasil membacaw hari ini, " tambahnya. 

Bahkan, lanjut dia, dari kebiasaan membaca setiap hari melalui literasi Sekolah siswa tercipta karakter Pelajar Pancasila sesuai dengan Kurikulum yang baru. 
" Kita harapkan program literasi ini bisa kontinu dan terus mengembangkan Kurikulum merdeka yang saat ini dilaksanakan sebagai peningkatan yang berkesinambungan bagi siswa dan Sekolah." pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama