BUMDes Se Kabupaten Brebes Gelar Rakor Serentak

Brebes, - Dalam rangka memperingati Hari BUMDes Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Februari 2023, Pengurus BUMDes Se Kabupaten Brebes melaksanakan Rapat Koordinasi di tiap kecamatan. 
Kegiatan yang di fasilitasi oleh Dinpermades Kabupaten Brebes ini setiap desa di 17 kecamatan mengikuti rapat koordinasi dengan tujuan pembinaan BUMDes. 
Kalimi Ketua Forum BUMDes Indonesia (FBI) Jaka Poleng Kabupaten Brebes dalam sambutannya bahwa kegiatan Rakor di tiap kecamatan sebagai peringatan Hari BUMDes Nasional. 
" Alhamdulillah ini pertama kali 17 kecamatan secara serentak melaksanakan rakor bersama di tanggal 2 Februari yang di tetapkan sebagai hari BUMDes Nasional," katanya, kamis (2/2). 

Dirinya menambahkan, bahwa rakor ini juga sebagai laporan pendataan BUMDes yang sudah berbadan hukum. 
" Sementara ini baru 31 BUMDes yang berbadan hukum dan berharap BUMDes yang belum verifikasi untuk bisa secepatnya mengurus aga bisa berbadan hukum," tambahnya. 

Menurutnya, lanjut Limi, pendaftaran Badan hukum BUMDes itu sangat penting sebagai payung hukum kegiatan usaha BUMDes di wilayah kabupaten Brebes. 
" Bukan hanya itu saja, BUMDes juga perlu secepatnya mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) sebagai bentuk pengelolaan BUMDes di tahun 2022 dengan serah terima PADes kepada Pemerintah Desa," lanjut dia. 

Bahkan satu momen Hari BUMDes Nasional ini juga pihaknya berharap agar BUMDes di Kabupaten Brebes tetap eksis dan bisa berkemajuan. 
" Sejauh ini BUMDes masih banyak yang masih menjalankan usaha setiap unit nya, yang vakum kami terus berkoordinasi agar pendaftaran badan hukum dan laporan lainnya bisa terselesaikan," pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama