Karang Taruna Manunggal Jaya Pamulihan Gelar Pelatihan Jurnalistik


PAMULIHAN - Puluhan anggota Karang Taruna dan perwakilan Pemuda pemudi mengikuti pelatihan jurnalistik dengan tema "Menumbuhkan semangat menulis dan mengembangkan kreatifitas dalam media digital" yang digelar Karang Taruna Manunggal Jaya Pamulihan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Bahrul Ulum Desa Pamulihan Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes , Minggu (26/11/2023).


Hadir pada kegiatan tersebut Kepala desa Pamulihan Tarsono,  Ketua Karang Taruna Casworo dan jurnalis warga Kabupaten Brebes Lukmanul Hakim. 


Dalam sambutannya, Ketua Karang Taruna Casworo menyampaikan, output kegiatan  ini diharapkan terbentuk jurnalis karang taruna yang mampu menghasilkan produk liputan baik visual maupun audio visual.


" Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah peserta mendapatkan bimbingan secara online melalui media grup whatsapp agar karya jurnalistik terpublish di media," katanya.


Kepala Desa Pamulihan Tarsono sangat mengapresiasi dengan kegiatan pelatihan jurnalistik. Semoga karang taruna mampu menjadi agen perubahan di desa.


" Saya berharap pelatihan ini mampu menghasilkan karya jurnalistik yang bisa mempromosikan potensi Desa Pamulihan. Memperkenalkan produk UMKM dan kegiatan positif yang ada di Pamulihan," pesannya.


Jurnalis warga Kabupaten Brebes Lukmanul Hakim memaparkan tentang peran jurnalis warga yang melakukan kegiatan partisipasi aktif oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.


" Bertindak lokal berdampak global, kalimat sakti yang menjadi dasar kita untuk memproduksi sebuah konten sesuai dengan kode etik jurnalistik. Sehingga tidak asal-asalan dalam memberikan informasi, apalagi yang provokatif dan menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)," paparnya.


Selain itu juga, peserta mendapatkan materi publikasi audio visual agar mampu menghasilkan produk jurnalistik yang bisa dinikmati generasi muda saat ini. Sesudahnya mereka melakukan praktek menulis serta membuat konten video dengan menerapkan teknik panning kanan-kiri, zoom in zoom out, tilt up tilt down, crab kanan-kiri dan tracking in-out.


Salah satu peserta Ade Efendi mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini sangat menyenangkan dan tentunya menambah wawasan tentang peran pemuda di era digital bukan hanya sebagai konsumen saja, namun bisa memproduksi sebuah konten berita yang menginspirasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama