Pembuatan Batik Ciprat Kreasi Siswa SMPN 1 Pagerbarang

Penulis : Sigit Budiyanto (Mahasiswa MP 09 UPS Tegal) 

Pagerbarang – Tema 2 kegiatan P5 dilaksanakan mulai tanggal 16 Oktober 2023 – 21 Oktober 2023 di SMP Negeri 1 Pagerbarang (STUPA). STUPA memilih tema Kearifan Lokal dengan mengangkat tentang pembuatan Batik Ciprat dan permainan tradisional. Batik Ciprat dipilih karena unik dan pembuatannya berbeda dengan batik lain. Selain itu, Batik Ciprat dibuat oleh para penyandang disabilitas, termasuk tuna grahita berat, tuna rungu, tuna wicara, autis, dan down syndrome. Mereka membuat batik ini tanpa menggunakan pola pasti sehingga setiap karya yang dihasilkan unik dan berbeda satu sama lain.

Sejarah batik Ciprat dimulai pada tahun 2011 ketika seorang guru keterampilan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Semarang mencoba melatih siswa tuna grahita berat untuk membatik. Namun, siswa-siswa tersebut mengalami kesulitan dalam menggunakan alat canting yang biasa digunakan dalam pembuatan batik tradisional. Mereka akhirnya mencoba mencipratkan dan meneteskan larutan malam ke kain dengan cara yang acak. Hasilnya, mereka berhasil menciptakan batik dengan gaya yang berbeda dan melampaui batasan pola tradisional.
Pembuatan Batik Ciprat bisa dilakukan selama 4 jam dari awal kain mori masih putih sampai terbentuk motif yang beragam dan diblok warna hitam. Motifnya disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Warna yang digunakan juga mencolok sehingga Batik Ciprat terlihat meriah meskipun warna dasarnya hitam. Proses pembuatannya dilakukan dengan banyak tahap dan setiap tahapnya harus sesuai dengan urutan. Jika ada satu tahap yang terlewat, bisa jadi hasilnya tidak maksimal.

Selain Batik Ciprat, permainan tradisional Gobak Sodor dan Bentengan juga akan dikenalkan kepada siswa. Bapak/Ibu guru akan melakukan simulasi terlebih dahulu, setelah itu para siswa mempraktekannya. Dikenalkannya permainan tradisional ini diharapkan membuat siswa tertarik untuk memainkannya di lingkungan rumah bersama dengan teman-temannya sehingga mereka bisa terlepas dari HP. Permainan ini juga seperti berolahraga sehingga membuat tubuh sehat dan bugar

Post a Comment

أحدث أقدم