Lukman : Jelang Pemilu, Mari Cerdas dan Bijak Menyikapi Media


BREBES ( cbm-news.com ) - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, kita harus bersikap bijak dan cerdas didalam menyikapi media. Jangan asal share tanpa mengecek terlebih dahulu apakah beritanya benar atau tidak. Demikian disampaikan Lukmanul Hakim, kontributo tvMu dan juga anggota Jurnalis warga Pemilu Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) Kabupaten Brebes pada kegiatan sekolah pemilu bagi Jurnalis Warga dan komunitas warga Peduli Pemilu di Aula H. Abdul Ghofur Bawaslu Kabupaten Brebes, Senin (20/06/2022 ).

Berkaca dari Pemilu 2019 yang menyita banyak perhatian terkait media, terutama sumber informasi tidak benar berkaitan info Kepemiluan. Masyarakat harus belajar untuk jeli dan cerdas menyikapi sumber informasi. Literasi media penting diterapkan sebagai kemampuan untuk mengakses,  memahami, mengerti, mengkomunikasikan kepada masyarakat.

" PPMN juga menjadi corong jurnalis warga, sehingga semua warga bisa menjadi pewarta. Semua orang bisa menjadi jurnalis warga dari berbagai profesi, pendidikan dan usia. Jurnalisme warga (citizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita," katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes Wakro juga menyampaikan,   pemilu tanpa keterlibatan masyarakat  hanya memenuhi dimensi demokrasi normatif tanpa substantif, keberhasilan demokrasi dalam pemilu sesungguhnya adalah adanya keterlibatan aktif masyarakat dalam pelaksanaannya.

Sekolah Pemilu bagi jurnalis warga dan 12 komunitas warga peduli pemilu ini diikuti oleh komunitas babershop, Celoteh Brebes Membangun (CNM ),G-Debat, FB Paster, FB Pasarbatang, PKK, UMKM Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM), Komunitas 4WD,Kompasianer Brebes, Etor Cinema dan Forum Komunikasi Diniyah Takmilah ( FKDT).



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama