PPMN Edukasi Masyarakat tentang Kepemiluan melalui Desain Grafis

 


BREBES ( cbmn-news.com ) - Berbagai sosialisasi sudah dilakukan oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara ( PPMN ) melalui Koordinator Jurnalis Warga ( KJW ) PPMN Kabupaten Brebes H. Bahrul Ulum, SE, M.Si dalam menghadapi Pemilu 2024. Baik secara offline maupun offline melalui pelatihan jurnalistik, sosialisasi hukum pers dan pencegahan berita hoax, podcast pemilu, pembuatan film pendek sampai pembuatan desain edukasi Pemilu.

Pesan dari dua desain yang telah dipasang juga di website cbm-news.com, memberikan edukasi kepada calon peserta pemilu maupun masyarakat umum secara luas. Melalui desain tersebut diharapkan masyarakat mengetahui jadwal pelaksanaan Pemilu serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pilkada 2024 pada tanggal 27 November 2024.


Pada desain poster pertama memberikan pesan kepada calon legislatif dan calon Bupati / walikota harus mengikuti aturan yang ditentukan. Hal ini karena setiap pelanggaran pemilu akan dikenai sanksi yang tegas, sehingga semua pihak harus mematuhi aturan sesuai undang - undang yang berlaku.


Pada desain poster yang kedua, mengingatkan rambu - rambu kepada aparatur sipil negara ( ASN ) yang harus netral dalam politik. ASN harus memperhatikan Undang - undang Nomor 8 Pasal 2014 tentang aparatur sipil negara. Mereka harus menjunjung asas netralitas ASN yang tertuang padal pasal 2f yakni setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruhmanapun dan tidak memihak kepentingan siapapun.


Bagi ASN yang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik akan ditindak tegas dengan diberhentikan secara tidak hormat. Begitu juga bagi anggota TNI, Polri aktif dan ASN yang memutuskan maju sebagai caleg harus mengundurkan diri.

(LH)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama