Perpustakaan Brebes menjadi Pusat Informasi dan Rekreasi

 

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, MH tampak memukul gong sebagai tanda diresmikannya Perpustakaan Brebes yang baru

BREBES ( cbm-news.com ) - Sejak tahun 2018, Perpustakaan Brebes memulai program transformasi institusi sosial menjadi perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat yang menyajikan informasi dan rekreasi. Demikian disampaikan Sekdin Arsip dan Perpustakaan Brebes Hendri Adi Komara saat peresmian Gedung Perpustakaan Daerah, di Jalan GOR 2 Kelurahan Gandasuli, Kabupaten Brebes.


Gedung Perpustakaan yang sebelumnya, kata Hendri, adalah tanahnya provinsi, sehingga mau dilembagakan juga tidak bisa. Untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang juga sulit karena ruangannya yang terbatas. Akhirnya dibantu oleh Perpustakaan Nasional melalui DAK  Bidang Pendidikan Perpusnasuntuk membangun gedung.


" Di gedung yang baru sdah ada ruang komunitas, ruang inklusi sosial, ada ruang audio visual utk penayangan film - film, ruang aula kegiatan maksimal 80 orang dan juga sedia cafetaria. Kita juga sudah menyediakan pojok khusus untuk koleksi buku penulis Brebes. Ada ratusan buku yang sudah disumbangkan," katanya.


Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Drs Mohammad Syarif Bando MM sangat mengapresiasi Bupati Brebes beserta jajarannya yang menunjukan komitmen dalam peningkatan infrastruktur pencerdasan anak bangsa. Hal ini terbukti dengan gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Brebes yang megah dengan arsitektur yang artistik dan menarik.


Harapan kedepan,  dengan adanya gedung baru lebih banyak masyarakat yg memanfaatkan layanan bukan hanya anak sekolah dan mahasiswa, namun seluruh masyarakat dilibatkan. Di tanah seluas 4000 meter persegi dengan bangunan seluas 1800 meter persegi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pemberdayaan dan peningkatan ilmu pengetahuan.


Peresmian Perpustakaan Daerah Kabupaten Brebes yang dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, deputi, Bupati Brebes, Wakil ketua komisi X DPR RI, Forkompimda, Kapolres Brebes, Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes, Sekda, OPD, Camat, Desa , kepala sekolah se-Kabupaten Brebes. Termasuk juga beberapa dinas perpustakaan Se eks-Karesidenan pekalongan, pegiat literasi dan komunitas.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama